Cara Memperbaiki Kabel Pengisi Daya Android Yang Rusak

Karena kami punya ponsel Android, kami punya pengisi daya dengan mereka. Namun, terkadang kami menggunakan pengisi daya ini untuk beberapa ponsel atau untuk mengisi daya beberapa perangkat (ponsel dan tablet, misalnya). Sekarang, tidak mudah bagi satu pengisi daya untuk bekerja selama bertahun-tahun. Terkadang kami memiliki kabel pengisi daya yang rusak dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya.

Kawat kecil di dalam kabel USB dapat sedikit tertekuk dan tidak membuat sambungan dengan benar. Beberapa kerusakan bisa terjadi pada kabel itu sendiri. Sekarang apa yang harus dilakukan? Tidak ada bukti.

Itu sebabnya saya membuat panduan singkat ini untuk Anda tentang cara memperbaiki Kabel Pengisi Daya Menengah Android dan tetap menggunakan pengisi daya Anda.

Jenis kerusakan kabel pengisi daya

Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa dialami kabel Anda. Terkadang kerusakannya kecil dan dapat diperbaiki, sementara dalam kasus lain, lebih murah untuk membeli sendiri pengisi daya baru. Jika Anda ingin mencoba memperbaikinya, pastikan untuk menilai kerusakannya terlebih dahulu.

Masalah paling umum dengan pengisi daya adalah kerusakan. Di suatu tempat di kabel itu sendiri atau di dekat steker penghubung, kabel bisa putus. Ini adalah kerusakan umum pada semua jenis kabel – dengan dan tanpa kabel USB yang dapat dilepas. Selain itu, kabel mungkin putus sedikit di tempat Anda biasanya menekuknya, tetapi itu tidak akan mempengaruhi kerja kabel itu sendiri. Namun, jangan abaikan masalah ini karena dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Cara memperbaiki kabel yang rusak

Kadang-kadang ada patahan di tempat-tempat di mana selubung tali dipakai. Terkadang, kerusakannya ada di dalam USB atau semacamnya, sehingga tidak terlihat oleh mata. Kerusakan ada, tetapi sulit untuk ditentukan. Mari kita pergi ke beberapa tempat potensial di mana pengisi daya Anda mungkin tidak berfungsi dan melihat solusinya.

Lihat Juga:  Cara membuka kunci pola ponsel Android jika Anda lupa

Kabel putus dengan deformasi yang jelas pada titik putus saluran makan

Jika hal seperti ini terjadi, solusinya sederhana. Gunakan gunting atau pemotong kawat di titik putus. Lepaskan penutup luar. Lepaskan bagian kabel yang rusak dan sejajarkan panjangnya untuk memudahkan koneksi. Lepaskan sekitar 2mm insulasi dari kedua sisi kabel. Hubungkan kabel lagi. Akan lebih baik menggunakan crimper. Isolasi kembali area tersebut, sebaiknya dengan selotip, dan kencangkan. Ini dia, Anda memiliki pengisi daya yang berfungsi.

Kerusakan di dekat steker

Jika kabel putus di dekat steker, mungkin perlu diganti seluruhnya. Namun, Anda dapat mencoba memperbaikinya terlebih dahulu. Beli kontak yang diinginkan. Kemudian potong kawat pada titik putus. Lepaskan sekitar 5 mm selubung kabel dan 2 mm insulasi. Hubungkan kabel sesuai dengan micro USB dan diagram USB. Tutup steker dan kencangkan dengan pita isolasi.

Kerusakan pada kabel di dekat unit daya

Jika USB pengisi daya tidak dapat dilepas, Anda dapat mencoba menyolder kabel ke motherboard pengisi daya. Inilah caranya.

Potong kabel di dekat sumber listrik tempat kerusakan terjadi. Potong bagian pengisi daya baterai. Solder solder dan lepaskan kabel lama dari motherboard. Pasang insulasi pada kabel dan kabel listrik dan sambungkan kabel ke motherboard. Hubungkan bagian casing pengisi daya melewati titik potong.

kulit luar rusak

Jika kabel rusak dari luar, tetapi masih berfungsi, seperti yang disebutkan sebelumnya, maka Anda tidak boleh mengabaikan masalahnya. Yang terbaik adalah menggunakan pita isolasi dan menghubungkan bagian kabel yang sobek bersama-sama. Dengan cara ini, Anda akan menghindari lebih banyak kerusakan besar dan kerusakan total pengisi daya Anda.

Kami harap panduan ini bermanfaat, dan Anda dapat memperbaiki kabel pengisi daya Android Anda. Jika Anda memiliki saran lain tentang cara melakukan ini, silakan tinggalkan komentar di bagian bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.